Team Water Rescue Bogasari Rafting di Batu

Kali ini tamu Rafting Batu kami cukup istimewa, mengapa begitu? Karena mereka adalah Team Water Rescue dari Bogasari, yang (perkiraan kami) artinya notabene adalah orang-orang yang sudah cukup berpengalaman beraktifitas di air, khususnya bidang rescue.

Group Water Rescue Bogasari berdoa dulu sebelum rafting di Batu
Group Water Rescue Bogasari berdoa dulu sebelum rafting di Batu

Pada awal mereka menghubungi untuk kegiatan wisata atraksi rafting ini melalui salah satu anggota group mereka yang bernama Bapak Faisol, kami belum tau bahwa yang akan menjadi tamu kami adalah orang-orang dari Team Water Rescue, baru setelah bertemu kemudian kami mengetahui bahwa mereka adalah bagian dari Team Water Rescue Bogasari dari seragam yang mereka gunakan.

Kami sampaikan kepada mereka, seandainya bisa di informasikan terlebih dahulu, mungkin kami bisa menyiapkan waktu lebih untuk “bermain” di Sungai Brantas, sama-sama berbagi ilmu dan pengalaman tentang water rescue, seperti pada waktu sebelum-belumnya, ada organisasi pecinta alam yang melakukan pendidikan dasar anggota muda, meminta kami membantu proses pembelajaran untuk divisi ORAD atau Olahraga Arus Deras.

Group ini tiba di basecamp sekitar pukul 11.00 siang, dan harus menunggu beberapa saat dikarenakan harus menunggu pemandu perahu kami kembali dari trip pagi nya. Cukup membosankan mungkin, tapi mereka mengisinya sambil bersenda gurau bersama rekan-rekannya.

Untuk meminimalisir kejadian menunggu seperti ini, kami menyarankan bagi anda yang berminat mengikuti kegiatan arung jeram ini untuk memberikan uang muka/DP terlebih dahulu, terutama sekali bagi group yang cukup banyak pesertanya, sehingga kami dapat menyiapkan crew tambahan sebelumnya.

Kami sempat menanyakan keheranan kami, mengapa perusahaan seperti Bogasari sampai memiliki team water rescue seperti ini. Ternyata, dari penjelasan mereka, beberapa bagian dari kegiatan usahanya, menggunakan perahu dan pelabuhan (port) sehingga diperlukan persiapan untuk menanggulangi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Hanya bedanya, mungkin kegiatan mereka tersebut lebih banyak di air laut daripada di air sungai.

Setelah team kami siap, maka group ini segera dikumpulkan untuk dibagi beberapa kelompok. Tiap kelompok akan menggunakan satu buah perahu dan akan dipandu satu orang pemandu perahu dari kami.

Kemudian diberikanlah dasar-dasar teknis pengarungan di sungai, yang mungkin saja group ini sudah mengetahuinya, karena terlihat ada yang seperti bosan mendengarnya hehehehe….

Setelah selesai pembagian kelompok dan pemberian materi dasar pengarungan, seluruh peserta segera menaiki mobil bak terbuka yang kami siapkan dan segera meluncur ke start point di Dusun Klerek, Desa Torongrejo.

Setelah tiba di bibir sungai, satu persatu menaiki perahu khusus untuk rafting, dan ditemani pemandu perahu segera meluncur mengarungi jeram yang ada.

Di tengah pengarungan, kurang lebih setelah 1 jam perjalanan, group berhenti di rest area untuk menikmati teh hangat dan jajanan tradisional yang telah kami siapkan sambil beristirahat sejenak, selama kurang lebih 15 menit.

Pengarungan dilanjutkan kembali untuk mencapai finish point di Dusun Wukir, Torongrejo Batu. Semua anggota group segera menaiki kembali mobil bak terbuka yang telah kami siapkan segera meluncur kembali ke basecamp, untuk mandi, berganti pakaian dan menyantap hidangan yang telah kami siapkan.

Untuk dokumentasi kegiatan Rafting di Batu ini bersama tamu kami dari Team Water Rescue Bogasari bisa kita lihat dibawah ini:

(foto menyusul ya guys)

Komentar